Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Harus Idealis dan Realistis

Jumat, 26 Juli 2024 | Juli 26, 2024 WIB Last Updated 2024-07-26T00:03:30Z
Ketum IKIf, Asten A. Bait
Kupang | Detik Sarai - Mahasiswa merupakan kaum terdidik yang sangat diharapkan dalam masyarakat, sehingga harus memiliki integritas pada pribadinya. 


Menyadari tantangan dan isu-isu sosial yang terjadi di dalam masyarakat yang sampai dengan saat seperti isu politik yang bisa merusak integritas mahasiswa sebagai kaum Idealis. Mahasiswa harus Idealis dan realistis


Mahasiswa harus idealis artinya adalah setiap pikiran bahkan tindakan harus memiliki prinsip yang kokoh yang berpegang pada ide dan gagasan yang pada prinsipnya adalah keyakinan tentang dunia yang ideal. 


Disamping itu juga, mahasiswa harus realistis yang berarti bahwa mahasiswa harus mampu melihat realitas kehidupan sekitarnya sehingga dengan adanya Pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan mampu memberikan kontribusi pada perubahan. 


Saat ini, Politik juga menjadi salah satu isu serius yang perlu untuk dicermati dengan baik oleh mahasiswa, karena jika kemudian mahasiswa tidak mampu mencerna isu-isu politik dengan baik, maka mahasiswa akan terjerumus dalam opini yang sering dibangun oleh elit-elit politik dengan dasar realitas kehidupan. 


Yang semestinya mahasiswa harus berpegang teguh pada kemewahan sebagai kaum Idealis akan menjadi apatis dengan kepentingan para elit. 


Sehingga, mahasiswa harus memiliki integritas yang perlu dijaga dengan setiap pemikiran bahkan tindakan yang berpegang pada ide yang mampu diterima dan menjadi moto penggerak dalam masyarakat. 


Mahasiswa juga harus menjadi advokat bagi perubahan di tingkat politik. Mahasiswa harus berperan untuk mengawal kebijakan publik dan memperjuangkan hak-hak masyarakat. Kemudian harus berdampak positif dan menjadi teladan bagi masyarakat.


Red/AH (AB)