Notification

×

Iklan

Iklan

Karang Taruna Soroti BPD Dan Kepala Gagal Jalankan Roda Pemerintahan Desa Jontona

Kamis, 02 Mei 2024 | Mei 02, 2024 WIB Last Updated 2024-05-02T00:25:13Z

Nikolaus Lema, Ketua Karang Taruna Desa Jontona
Lembata | Detik Sarai - Pemudah desa jontona, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Desa Jontona menyoroti beberapa persoalan yang terjadi di Desa Jontona, dari beragam persoalan yang ada di desa hal yang paling urgen yang disoroti adalah kelengkapan aparatur pemerintahan desa, hal tersebut menjadi perhatian publik di karenakan ada beberapa kekosongan aparat meskipun pemerintahan sudah berjalan kurang lebih tiga tahun, persoalan ini menjadi perhatian publik di desa sehingga Karang Taruna berani mengambil sikap atas bentuk kecintaan dan kepeduliannya terhadap desa yang dicintai dan di banggakan-nya.


Menurut data yang dihimpun oleh pemuda Karta, bahwa untuk saat ini Desa Jontona mengalami ketidaklengkapan dalam struktur pemerintahan desa dari aparat desa sampai ke tingkat dusun. Hal ini di buktikan dengan selama kurang lebih tiga tahun berjalan kaur perencanaan desa belum ada, begitu juga operator desa.


Hal serupa juga, dialami di tingkatan dusun yang mana semenjak berjalanya roda pemerintahan sampai dengan saat ini tidak ada kepala dusun dari dusun satu sampai dusun tiga. Dampak dari hal itu akan memicu dan menghambat roda pemerintahan maupun pelayanan di tingkat desa, sehingga sebagai organisasi yang diakui oleh negara dan punya dasar hukum yang  jelas merasa penting untuk menyuarakan persoalan ini.


Nikolaus Lema selaku Ketua Karang Taruna Desa Jontona menegaskan, bahwa kekosongan aparat di pemerintahan desa sampai ke tingkat dusun adalah bentuk keteledoran kepala desa dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala pemerintahan di desa, dan jika hal ini di biarkan maka akan menghambat pada proses pelayanan di desa jontona maka dari itu kami mendesak BPD Desa Jontona,


"kami mendesak BPD Desa Jontona untuk segerah mengevaluasi Pemdes Jontona terkait dengan persoalan ini agar secepatnya segerah dituntaskan, karena jika tidak di lakukan maka kami menganggap BPD Desa Jontona dalam hal ini Ketua BPD gagal menjalankan tugasnya sebagai pengontrol sistem pemerintahan desa, sekali lagi kami mendesak BPD untuk segerah lakukan evaluasi," Ucap pria yang akrab disapa Laus Making itu.


Senada, dengan Ketua Karta Silverius Sili selaku wakil ketua Karang Taruna Desa Jontona mengatakan bahwa, 


"tugas kami sebagai anak mudah jontona adalah mengawal segalah macam keteledoran maupun ketidakjelasan yang dilakukan oleh Pemdes maupun BPD Desa jontona, karena bagi kami ini adalah bentuk kecintaan dan kepedulian kami terhadap desa kami." Tegas silverius sili.


Dalam pertemuan pengurus karang taruna pemuda sepakat bahwa BPD tidak boleh tidur terlalu lama atas semua persoalan di Desa saat ini.


Red/AH

Sumber: Karta Desa Jontona