Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi Pasar Danga, Nagekeo, Presiden Cek Harga Hingga Membeli Mangga dan Tempe

Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T09:29:53Z

Sumber foto: dok Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
MANGGARAI BARAT | DETIKSARAI.COM - Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Danga mengecek harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa, (05/12/2023).


Kunjungannya ke pasar tersebut antara lain untuk mengecek harga kebutuhan pokok hingga membeli Mangga dan Tempe yang ada di sana.


Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sejumlah harga bahan pokok yang ada di Pasar Danga tergolong bagus, dibandingkan dengan harga di pulau Jawa. Presiden menyebut salah satunya adalah harga cabai yang masih berbeda di harga Rp.50.000 per kilogram.


"Saya ke pasar Danga di kabupaten Nagekeo ini untuk ngecek itu (harga pangan ), tapi saya senang harga cabai yang di Jawa sekarang harganya 80 (ribu rupiah) sampai 100 (ribu rupiah), di sini hanya 50 ribu," Ujar Presiden Jokowi, dalam keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Selasa.


Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyebutkan harga bawang merah yang dijual di pasar Danga tergolong jauh lebih murah yakni Rp.15 (ribu rupiah) per kilogram. Di Jawa Rp 24 (ribu rupiah), Rp 26 (ribu rupiah) di sini Rp 15 (ribu rupiah) per kilogram. Presiden menilai hal tersebut produksi kedua bahan pokok ini cukup baik di Kabupaten Nagekeo.


Presiden pun membeli mangga yang dijual pedagang di pasar tersebut, salah satunya mangga.


"Ini beli mangga. Mangga ada lima kumpul, saya minta hanya Rp 40 ribu. Tadi bapak kasih uang Rp 200 ribu", cerita Martina seorang penjual sayur dan buah yang di hampiri Presiden Jokowi, dalam keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.


Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ayodhia Kalake, dan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do.


Martina pun berterimakasih kepada Presiden karena telah membeli buah jualannya yang merupakan rezeki bagi dirinya. "Saya terima kasih kepada bapak Presiden karena ini hari tidak sangka-sangka bapak Presiden kasih saya rezeki," Pungkasnya.


Senada, Ernasiana penjual tempe yang dihampiri Presiden juga turut bercerita bahwa dirinya merasa senang karena Jokowi membeli lima buah tempe secara langsung kepadanya.
"Beli lima, satunya lima ribu, kami dapat Rp 200 (ribu rupiah). Luar biasa pak, senang kita ini," Katanya.


Red/AH