Notification

×

Iklan

Iklan

Melki Laka Lena Mendorong Kemajuan UMKM Dan Daya Beli Di NTT

Minggu, 30 Juli 2023 | Juli 30, 2023 WIB Last Updated 2023-07-30T07:08:57Z

MATIM | DETIKSARAI.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mendorong Gerakan Beli NTT (Nusa Tenggara Timur) untuk mendukung kemajuan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) NTT. 



Hal ini disampaikan politisi Golkar yang akrab disapa Melki Laka Lena ini dalam kegiatan Sosialisasi KIE Obat dan Makanan Bersama Mitra BPOM di Aula Paroki St. Gregorius Borong, Manggarai Timur, Sabtu (29/7/2023). 



Melki Laka Lena menganjurkan kepada pemerintah kabupaten, DPRD kabupaten dan pemerintah Desa harus membuat aturan untuk setiap pesta masyarakat ataupun pesta pemerintah itu harus melibatkan produk UMKM minimal 20% untuk membantu pertumbuhan UMKM masyarakat.



"Pemerintah kabupaten, DPRD kabupaten kota, pemerintah bikin perda atau perdes kalau ada UMKM bertumbuh, semua pesta, acara pemerintah maupun swasta dikasih alokasi  untuk wajib membeli dari UMKM lokal.  Kita buat gerakan beli NTT atau gerakan beli Manggarai Timur. Artinya semua yg dihasilkan UMKM di NTT atau di Manggarai Timur kita beli. Kita kadang beli barang impor banyak sekali dari luar krena ingin fee. Kalau ada produk dari daerah sendiri yah kita beli, " tegas Melki. 



Melki juga mendorong agar masyarakat yang memiliki produk dari Usaha  Kecil Mikro dan  Menengah (UMKM) agar mengurus  berkas perizinan sehingga produknya bisa di pasarkan seluruh Indonesia. 



"Jadi bapa mama yang punya olahan produk baik makanan tradisional, minum, obat dan kosmetik bisa langsung mengurus berkas perizinan agar produknya bisa diedarkan ke seluruh Indonesia karena di NTT ini untuk UMKM sekitar 100 ribu lebih tetapi banyak yang belum mendapatkan izin dari BPOM. Hal ini yang membuat produk tidak bisa beredar luas untuk pasarannya. Karena tujuan dari produk harus mendapatkan izin adalah agar memperluas pasaran produk kita agar bisa tersebar dimana saja itu aman tanpa ada halangan karena sudah ada izin, " Saran Melki Laka Lena juga Ketua Golkar NTT ini. 



Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur juga mengapresiasi kehadiran Melki Laka Lena di Manggarai Timur. 



"Saya atas nama pemerintah daerah Manggarai Timur mengucapkan terima kasih banyak kepada bapa Emanuel Melkiades Laka Lena selaku ketua DPD partai Golkar NTT dan wakil ketua komisi IX DPR RI yang dalam situasi dan kondisi yang sangat sibuk bapa bisa menyempatkan diri dan rombongan bisa hadir bersama kami di Manggarai Timur. Itu semua karena kecintaan bapa terhadap kami dan kita masyarakat NTT. Kami hanya bisa berdoa agar bapa Melki selalu diberkati dan diberikan kesehatan untuk tetap menjaga dan memperhatikan masyarakat NTT, " Ungkap Siprianus .



Wakil Bupati berharap dengan kehadiran Melki Laka Lena  bisa membantu berbagai persoalan yang ada di daerah Manggarai Timur. 



"Dan semoga kehadiran bapa hari ini bisa membantu persoalan yang kami hadapi sekarang di Manggarai Timur ini persoalan stunting masih ada, terkait perizinan produk UMKM  obat dan makanan juga masih ada, kemiskinan, persoalan ini yang kami hadapi sekarang hal ini juga tidak terlepas dari SDM kami di Manggarai Timur," Harap Siprianus.



Acara ini juga dihadiri Pimpinan BPOM Kupang dan Loka POM Manggarai Barat, Imanulkhan dan Rizki Okprastowo, Calon DPRD NTT Frans Sarong, Calon DPR RI Adrianus Agal, Ketua Golkar Manggarai Timur, Yoseph Ode dan Kader Golkar Lainnya.



Red/AH