Notification

×

Iklan

Iklan

Ceramah Binpotdirga di Lanud El Tari

Rabu, 09 Maret 2022 | Maret 09, 2022 WIB Last Updated 2022-11-17T03:45:27Z


DetikSarai, Kupang - Direktur Bidang Potensi kewilayahan Puspotdirga kolonel Tek Jeffry D. Ritiau melaksanakan kunjungan ke Lanud El Tari dalam rangka ceramah Ketahanan wilayah, Bela Negara yang di sambut oleh Kadispotdirga Lanud El Tari Kolonel Pom Taufik Setiaji,M.Han. Selain itu juga ceramah tentang Optimalisasi ketahanan Ekonomi NTT yang di bawakan oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindag NTT Drs. Kirennius Talo. 


Kegiatan ceramah diikuti oleh Bela Negara, masyarakat Petani, masyarakat peternak, Nelayan, UMKM Kota Kupang, Mahasiswa, Duta Petani milinial kementrian pertanian RI (Gestianus Sino) yang berlangsung di Vip Room Lanud El Tari. Rabu, 09 Maret 2022


Danlanud El Tari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T. M.Hum.,M.Han. dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kadislog Lanud El Tari Kolonel Tek Eri Suryanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim penceramah baik dari Puspotdirga dan Disperindag Provinsi NT yang telah mensosialisasikan tentang komponen Bela Negara dan ketahanan wilayah terutama di NTT ini.


Dengan ceramah ini diharapkan seluruhnya dapat memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk diketahui bersama bahwa bela negara adalah merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Kemudian dari penceramah Letkol Sus Eliyana menyampaikan bahwa Bela Negara perlu di pertahankan dalam berbangsa dan bernegara yang bertumpu pada 4 konsensus dasar yaitu pancasila, 1945, Bangun Negara kesatuan Republik Indonesia, hidup bersatu dalam kemajemukan Bhineka Tunggal Ika. Kemudian dari kabid perdagangan Provinsi NTT menyampaikan tentang distribusi stok dan harga bahan kebutuhan pokok dan barang penting serta pembinaan UKM di provinsi NTT. 


Untuk menjamin adanya stok tersebut dimulai adanya distribusi dan jika terhambat distribusi maka kebutuhan pokok yang datang ke wilayah NTT akan mempengaruhi stok. Sehingga terjadi kelangkaan barang yang ada ini butuh kehati-hatian dan jika ada yang tidak beres maka satgas pangan akan turun dan menertibkan barang yang ada penimbunan barang ini merupakan pelanggaran hukum dan harus di tindak tegas sehingga harga barang tetap stabil dan tidak menimbulkan kelangkaan barang contoh sekarang ini terjadi kelangkaan minyak goreng sehingga mempengaruhi perekonomian.


Medel pertanian yang di galakan oleh Duta perani milineal kementrian RI yang disampaikan oleh Bapak Gestinus Sino yaitu mewujudkan pangan pertanian organik ini menyangkut orang banyak sebagai bahan kebutuhan untuk makan, ada 3 prinsip, pertanian ramah lingkungan yaitu tidak terinfeksi kimia, secara ekonomi, memaksimalkan sumber daya lokal dengan menyediakan limbah-limbah untuk disiapkan sebagai nutrisi yang pas untuk tanaman, semua pupuh sebenarnya ada di lingkungan kita bukan urea dam lainnya. Ini bisa kita manfaatkan yang ada di sekeliling kita. 


Jika ingin menjadi petani sebenarnya sesuai apa yang menjadi materi harus di catat untuk menentukan langkah berikutnya dalam pengolahan tanah, tanaman yang harus di tanam, langkah pupuh yang akan digunakan harus sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan jangan sampai tidak sesuai asal takar yang akan menyebabkan tanaman itu tidak dapat berkembang dengan baik.


(Liputan/Tim