Notification

×

Iklan

Iklan

Danrem 161/Wira Sakti Berikan Kuliah Umum di Fakultas Vokasi Unhan RI

Jumat, 03 Desember 2021 | Desember 03, 2021 WIB Last Updated 2021-12-03T05:20:20Z


DetikSarai, Kupang, - Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S. I. P., M. M., memberikan kuliah umum dengan topik "Nasionalisme dan Bela Negara" kepada Kadet Mahasiswa Fakultas Vokasi, Unhan RI yang bertempat di Aula Kampus Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia, Jln. Kakuluk Misak, Atambua Rabu, 01 Desember 2021.

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo menyampaikan kepada seluruh mahasiswa Unhan RI, "perlu kita ketahui bahwa ada lima nilai-nilai yang dikembangkan dalam Bela Negara yaitu Pancasila sebagai Ideologi Negara, cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, rela berkorban untuk Bangsa dan Negara dan memiliki kemampuan awal Bela Negara. Kelima nilai-nilai ini harus kita hayati dan jabarkan dalam perilaku dan karya-karya demi Bangsa kita. Bela Negara yaitu sikap, tekad dan perilaku serta tindakan Warga Negara baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan Negara, keutuhan Wilayah, keselamatan Bangsa dan Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Berbangsa dan Bernegara dari berbagai ancaman." Paparnya

Komandan Korem juga menyampaikan Potensi Demografi Sumber Daya Manusia, "kita punya peluang untuk menjadi Bangsa yang maju karena kita Bangsa yang besar, jangan sampai Bangsa kita hancur karena masalah Moralitas. Kita punya segala macam sumber daya namun harus didayagunakan dengan cara yang benar. Kita punya banyak pemimpin yang hebat namun harus berwawasan Bela Negara". 

Selanjutnya, Komandan Korem memberikan pembekalan sejarah Kerajaan Sriwijaya pada masa kejayaannya. Kemudian kerajaan Majapahit dimana masa kejayaannya dibawah pemerintahan Raja Hayamwuruk, setelah itu masuklah kolonialisasi Bangsa Eropa ke Nusantara. Tujuan Bangsa Eropa datang ke Nusantara yaitu faktor perdagangan (rempah-rempah), jiwa penjelajah Bangsa Eropa dengan misinya Penyebaran Agama dan selanjutnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Potensi Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu posisi strategis, Negara Kepulauan terbesar, keberagaman Suku Bangsa, Budaya, Bahasa, Kepercayaan dan Negara Maritim terbesar". Ungkapnya

Diakhir pemaparannya, ditegaskan kepada 175 peserta UNHAN Tahun Akademik 2021/2022, Danrem mengharapkan sebagai generasi muda, penerus masa depan Bangsa mampu mempertahankan  dan mengisi Kemerdekaan NKRI. Perjuangan ini tidak mudah, perlu kerja keras, pantang menyerah dan harus bertindak lebih untuk membuktikan diri kita sebagai generasi muda yang unggul siap menghadapi tantangan zaman. Ingat, NTT ke depan akan menjadi pusat prioritas pembangunan nasional, maka kita generasi muda dari sekarang harus segera berbenah diri dan mempersiapkan diri untuk dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional di NTT", tandasnya. 

Pada kesempatan ini, Dekan FV Unhan RI juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo yang sudah meluangkan waktu untuk memberikan kuliah umum hari ini serta memberikan Sertifikat Penghargaan, dan diakhiri dengan foto bersama.

Kuliah ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi Unhan RI, Brigjen TNI. Dr (c) Agus Winarna, S. I. P., M. Si., M. Tr (Han), Wadek I Bidang Kemahasiswaan FV Unhan RI, Kol Sus Dr. Drs. Tatar Bonar Silitonga, M. Si, Wadek II Bidang Umum dan Keuangan FV Unhan RI, Kol. Laut (E) Dr. Agus Adriyanto, S. T., M. M., para Kaprodi, Kasi Ops Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Horas Sitinjak dan Seluruh Kadet FV Unhan RI. 

(Tim)