Notification

×

Iklan

Iklan

Bertepatan dengan Hari Juang TNI AD, Korem 161/WS Gelar Donor Darah

Jumat, 10 Desember 2021 | Desember 10, 2021 WIB Last Updated 2022-11-17T12:40:19Z

DetikSarai, Kupang - Menjelang peringatan Hari Juang TNI AD ke-76 yang diperingati setiap tanggal 15 Desember, Korem 161/WS melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang berlangsung di Aula Sudirman Makorem 161/WS Jln. W.J. Lalamentik Oebufu Kota Kupang, Kamis, 09 Desember 2021.


Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S. I. P., M. M dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Seksi Teritorial Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Seniman Zega, S.H menyampaikan, "Saya mengajak kita semua untuk mempersembahkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kita dapat menghadiri pelaksanaan Bhakti Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dalam keadaan sehat walafiat penuh ketulusan dan keikhlasan.


Pada kesempatan ini, saya atas nama Komando dan pribadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada penyelenggara, PMI NTT dan Petugas Medis dari Denkesyah Kupang serta para sukarelawan pendonor, atas dukungan dan kerjasamanya dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah kali ini", tuturnya.

"Kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun ini merupakan kegiatan kemanusiaan dan wujud kepedulian kita semua kepada masyarakat yang membutuhkan darah serta membantu PMI NTT dalam menjaga ketersediaan darah dalam situasi Pandemi Covid-19. Dalam kegiatan ini perlu saya ingatkan pentingnya protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, pakai masker dan selalu cuci tangan".


Lebih lanjut Komandan Korem menyampaikan kepada para pendonor yang dengan sukarela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya, "saya ucapkan terimakasih. Ingat, setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa sesama kita yang membutuhkan, dan kepada para petugas medis yang melayani kegiatan donor darah ini agar melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggungjawab yang tinggi.


Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai, menuntun, melindungi dan menguatkan langkah-langkah perjuangan, karya dan pengabdian kita kepada masyarakat, dan daerah tercinta ini", pungkasnya.


Kasiter Kasrem 161/WS Kolonel Inf Seniman Zega mengingatkan lagi bahwa "pada bulan Desember ada 2 kegiatan yang diperingati khususnya hari besar di TNI yakni yang pertama tanggal 15 Desember hari Juang Kartika (Hari Juang TNI AD) dan  yang kedua tanggal 19 Desember hari Infanteri.


Nanti ada lagi kegiatan donor darah tapi domainnya mungkin Staf Ops kalau yang sekarang domainnya Staf Ter, jadi nanti ada kegiatan-kegiatan bakti sosial lainnya dalam memperingati hari-hari besar tersebut seperti jalan kaki yang dilakukan oleh para pasukan Infanteri.


Kemudian, lakukanlah kegiatan ini dengan tulus ikhlas sesuai amanat satu tetes darah yang kita sumbangkan itu sangat bermanfaat untuk keselamatan sesama saudara kita yang membutuhkan.


Fungsi donor darah juga sangat bagus, terimakasih kepada orang yang mendonorkan darahnya kalau bisa lakukan secara rutin sehingga sirkulasi darah itu bisa baru terus dan menjadi bagus.


Kepada petugas PMI dan Kesehatan laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab sehingga anggota kita maupun satuan luar yang mendonorkan darah bisa bermanfaat buat PMI dan masyarakat," ungkapnya.

Berdasarkan pemantauan dari Staf Penerangan Korem 161/Wira Sakti di lapangan saat pelaksanaan kegiatan donor tampak para prajurit TNI AD, Polri dan Ibu Persit serta Organisasi Kepemudaan melaksanakan kegiatan donor darah.


“Kita menargetkan kegiatan donor darah dalam kegiatan ini dapat mencapai 70 kantong darah yang nantinya akan disumbangkan langsung kepada PMI untuk membantu masyarakat yang membutuhkan".


Adapun Jumlah yang terdaftar yaitu 100 orang yang bisa berdonor 70 orang terdiri dari golongan darah A : 18 orang, darah B : 19 orang, darah O : 29 orang dan darah AB : 4 orang. Kemudian yang gagal donor ada 30 orang yang disebabkan Hipertensi 11 orang, Hipotensi 8 orang, HB Rendah 2 orang dan belum cukup Bulan 9 orang.


Pelaksanaan kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, dimana sebelum peserta mendonorkan darahnya setiap pendonor terlebih dahulu melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis yang telah disiapkan PMI ; menjaga jarak serta diwajibkan mencuci tangan dan memakai masker untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.


Turut hadir mengikuti kegiatan donor darah ini, Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 161 PD IX/Udayana beserta pengurus serta prajurit TNI-Polri dan PNS.


(Tim)