Notification

×

Iklan

Iklan

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) masih diperpanjang Presiden Jokowi hingga tanggal 30 Agustus 2021

Jumat, 27 Agustus 2021 | Agustus 27, 2021 WIB Last Updated 2021-08-27T03:29:34Z

DetikSarai, Surabaya - Proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) pun belum jelas sampai kapan  akan berakhir dan Pembelajaran Tatap muka segera dimulai.

Namun, sekolah negeri Kota Surabaya ditingkat Dasar (SDN) dan Menengah (SMPN) sudah melakukan penjualan Seragam Sekolah.

Pedagang warung anaknya yang sekolah di kawasan Surabaya Timur kepada media menanyakan terkait penjualan Seragam sekolah apakah wajib beli di sekolah.

“Dagangan sepi, pemasukan gak ada sekarang ditambahi beli seragam di sekolah “keluh bapak 3 anak ini yang anaknya sekolah di SD dan SMP .

Terkait penjualan Seragam Sekolah kepala Dinas Pendidikan  (KADINDIK) kota Surabaya Drs. Supomo,MM. saat dikonfirmasi para media tidak dapat memberikan jawaban apakah penjualan seragam sekolah ini sepengetahuan dinas pendidikan atau sekolah berjualan sendiri.

Akhmad Suharto,MPd Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Negeri Seluruh Surabaya saat ditanyakan terkait penjualan seragam sekolah yang dikoordinir oleh MKKS dibantahnya

“Tidak mas, Koperasi Sekolah  papar  Pak Harto  yang juga Kepala SMP Negeri 1 Surabaya

Apakah Koperasi Sekolah Kulak (beli) Seragam sendiri tanpa sepengetahuan MKKS dengan tegas mantan kepala Sekolah SMPN 26  ini menyatakan “mboten mas, itu urusan pengurus Koperasi masing masing sekolah. 

Ombusman perwakilan Jawa Timur sebelumnya sudah menegaskan Sekolah maupun  Komite Sekolah dilarang menjual seragam atau buku kepada para siswa.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengolahan dan Penyelenggaraan Pendidikan pasal 181a, Yakni Pendidik dan Tenaga Kependidikan baik perseorangan maupun kolektif dilarang menjual buku maupun Seragam di Sekolah.

Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) nomor 75 tahun 2016 tentang komite Sekolah dilarang menjual seragam dan buku. by xio lie tan. (Tim)